Kamis, 16 Januari 2014

Tips mengurangi resiko salah memilih kosmetik

Sesuaikan jenis kulit

Hidup di lingkungan tropis, membuat kulit cenderung kombinasi. Terkadang kering, namun tak jarang pula berminyak. Ada yang kering banget, dan ada pula yang berminyak sekali. Namun wanita Indonesia pada umumnya mempunyai kulit tipe kombinasi, yaitu kering namun berminyak di area tertentu seperti di dahi dan hidung. Nah, sebelum membeli kosmetik, sists perlu menyesuaikan jenis kulit dengan produk yang akan digunakan.

Lakukan tes alergi

Alergi memang menyebalkan, bahkan membatasi kita memilih kosmetik. Nah, jika sists tidak mengenal jenis alergi yang dimiliki, areacewek.com juga punya tips untuk mengetes apakah kosmetik yang akan dibeli dapat menyebabkan alergi atau tidak. Saat membeli kosmetik, usahakan mencobanya dulu. Mintalah produk untuk tester pada pramuniaga toko kemudian oleskan/bubuhkan produk pada punggung tangan. Jika sists merasa gatal atau perih, berarti sists harus mencari produk lain.

Jauhkan kosmetik dari sinar matahari langsung

Bagi sists yang memiliki kosmetik, usahakan jauhi sinar matahari. Mentang-mentang karena tidak sempat menyimpannya, sists menyimpan kosmetik di atas dashboard mobil. Sepatutnya sists pahami, beberapa kosmetik dapat berubah bahan kimianya jika terkena sinar matahari. Bukannya membuat kulit cerah, nanti kulit sists malah terkelupas :(

Jangan gunakan kosmetik kadaluarsa

Ingat untuk mengganti kosmetik yang sudah 6 bulan dibuka segelnya. Kosmetik sama saja dengan makanan, dapat berubah warna, bau dan bahkan menyimpan bakteri. Ingat juga ya sists, untuk membersihkan alat-alat kosmetik dengan cairan pembersih yang dijual di apotek. Terhindar dari bakteri, berarti kulit menjadi sehat.
Nah, tips di atas semoga membantu sists dalam memilih kosmetik yang aman. Selamat mencoba! :)

5 komentar: